Selasa, 20 November 2012

Diet Tinggi Serat

Diet tinggi serat bertujuan merangsang peristaltik usus agar defekasi dapat normal kembali. Diet ini diindikasikan untuk pasien obstipasi/konstipasi dan penyakit divertikular.

Syarat diet ini adalah cukup kalori dan protein, tinggi vitamin terutama tiamin, vitamin B kompleks dan mineral untuk memelihara kekuatan otot saluran cerna, banyak cairan 2-2,5 liter per hari untuk memperlancar defekasi. Nilai gizi diet ini adalah 2.296 kalori, 83 gr protein, 60 gr lemak dan 363 gr karbohidrat. Minum sebelum makan dapat merangsang peristaltik, serta tinggi serat yang terdiri dari selulosa, hemi selulosa dan lignin serta bahan makanan yang dapat merangsang peristaltik usus.

Bahan makanan yang dianjurkan adalah bahan makanan yang dapat merangsang peristaltik usus, misalnya beras tumbuk, beras ketan hitam, havermut, bulgur, cantel, sorgum, jagung, ubi, singkong, wijen, katul, kcang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kacang kedelai dan sebagainya. sayuran sebagian dalam bentuk mentah, terutama sayuran yang dapat menimbulkan gas seperti kol, sawi dan sebagainya. buah-buahan terutama yang dimakan dengan kulitnya seperti jambu, biji, apel, anggur, pir dan sebagainya. minyak (dalam bentuk makanan yang digoreng atau diberi santan atau makanan lain yang menggunakan minyak) gula, susu, agar-agar, serta bumbu-bumbu yang merangsang seperti lombok, merica dan sebagainya. Bahan makanan yang tidak memberikan sisa seperti aci harus dihindari.

(Sumber: Kapita Selekta Kedokteran Edisi Ketiga Jilid 1, Media Aesculapius)

0 komentar:

Posting Komentar